Fellowequality

FellowEquality.com

Jumat, 09 Maret 2012

PENINGKATAN ANAK DALAM MEMBACA

PEMBAHASAN

1.    Kesiapan Membaca
kesiapan membaca adalah kematangan seorang anak dalam membaca,meliputi fisik,mental,dan sosial.Kapan sebaiknya seorang anak diajarkan membaca dan bagaimanakah caranya.menurut para pakar anak dapat diajarkan asalkan mempunyai minat,dapat menyatakan bunyi huruf,mengingat kata-kata,punya kemampuan membedakan,memiliki pengembangan kosa kata yang memadai.
Penilitian mengenai kesiapan membaca masih sangat langka di Indonesia.oleh sebab itu,tes-tes mengukur dalam kesiapan membaca pada anak pun belum ada.daerah penilitian ini masih merupakan lahan-lahan perawan,kaya,dan menantang bagi para peniliti kita masa kini dan masa depan.pada hakikatnya kesiapan membaca adalah hal yang relatif dan bersifat individual,karena banyak bergantung pada sifat perkembangan masing-masing anak.di samping itu,usaha-usaha orang tua dan guru-guru dikelompok bermain (KB) dan taman-taman kanak-kanak (TK) juga berpengaruh pada tercapainya kesiapan mmbaca pada anak-anak.
2.    Usaha Pengembangan Minat Baca Pada Anak
a.    Peran Orang Tua
Kesan membaca timbul dalam diri anak yang jauh lebih cepat dan mantap melalui pengalaman sendiri secara langsung dalam lingkungannya ketimbang diajarkan.seorang anak usia 1-3 tahun akan menghampiri ayah atau ibunya ketika mereka sedang membaca sebuah buku,anak menanyakan apa ini dan apa yang dilakukan ayah atau ibu.kemudian anak meniru apa yang dilakukan mereka.demikian itulah suatu perhatian yang mulai timbul pada kegiatan membaca.peran orang tua adalah factor utama yang sangat menentukan dalam pendidikan anak,terutama pada tingkat persekolahan dan SD.
Selaindari kegiatan-kegiatan di rumah dengan memanfaatkan sarana-sarana yang ada,orang tua juga perlu memanfaatkan berbagai sarana yang terdapat dalam lingkungan.
1.    Toko Buku
Membawa anak ke toko buku untuk melihat-lihat berbagai buku sangat berpengaruh positif pada minat anak itu terhadap buku dan membaca.orang tua hendaklah menerangkan pada anak-anak bahwa buku itu harus dibeli dan dibaca di rumah,karena isi buku-buku itu berguna.anak diajak melihat-lihat buku-buku tersebut.ada baiknya jika anak ditunjukan beberapa buku ceritaserta membaca judulnya,biarkanlah anak membuka-bukanya sendiri.
2.    Perpustakaan
Mengunjungi perpustakaan sangat perlu dimana terdapat banyak buku-buku bacaan.anak diajak melihat-lihat keadaan perpustakaan dan bagaimana setiap rak buku itu dijelaskan.orang tua perlu mengusahakan ada perpustakaan keluarga.kesadaran dan minat anak akan buku dan membaca akan semakin berkembang.
3.    Kantor pos
Sewaktu ada surat atau kiriman yang akan dimasukan ke kantor pos sebaiknya anak diajak ikut.dijelaskan cara mengirim surat,dan diunjukan dan dibacakan label atau nama kotak pos.
4.    Televise
Disini peran orang tua sangat fital sekali,karena anak-anak sangat suka dengan kegiatan ini.orang tua harus mendampingi ketika anak menonton televisi,karena banyak acara untuk orang-orang dewasa.sebaiknya orang tua tahu bagaimana caranya memanfaatkan TV untuk menumbuhkan minat dan kebiasaan membaca pada anak-anak.salah satunya mengingatkan anak agar dia memperhatikan tulisan-tulisan (teks) yang ada pada layar TV yang menjelaskan gambar-gambar atau aktivitas-aktivitas yang dipertunjukan.
5.    Toko Swalayan
Sarana ini hendaklah dimanfaatkan untuk minat dan perkembangan membaca pada anak,khususnya orang tua yang berdiam di kota.anak diajak berbelanja kemudian orang tua menunjukan berbagai label barang dan membacanya agar anak mendapat kesan tentang perlunya label itu untuk dibaca.
6.    Nama Jalan Dan Kantor
Orang tua harusnya mengajak jalan-jalan ke kota atau tempat lainnya,tapi jangan lupa memanfaatkankesempatan itu untuk menumbuhkan dan mengembangkan minat dan kebiasaan membaca.nama jalan,kantor dan tulisan-tulisan informasi  lainnya di kta atau tempat-tempat lain yang dikunjungi perlu ditunjukan kepada anak,dan dibacakan,agar dia tahu nama jalan dan menambah pengalaman pada anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar