Fellowequality

FellowEquality.com

Jumat, 22 Februari 2013

SENI TRADISIONAL SAKALA 14 MULUD DAN SENI KEROMONG KAMPUNG CIKUBANG, KEC. RANCAKALONG- KAB. SUMEDANG


Sumber
Nama              : Bapak Nandang
Usia                 : 43 tahun
Alamat             : Kp. Cikubang, Desa Sukahayu, Kec. Rancakalong, Kab. Sumedang

Sasakala
Keromong itu sejenis bonang yang asalnya dari Demak yang dibawa Sunan Bonang saat abad 17-18 an. Ketika itu orang Cikubang menanam padi, tapi padi itu tidak berisi, kemudian Eyang Santing melakukan tirakat (puasa) selama 40 hari tidak makan dan minum. Setelah tirakat Eyang Santing mendapat hilapat harus pergi ke Timur. Setengah perjalanan, Eyang Santing bertemu orang yang membawa bonang yang bernama Pangeran Pasayangan, sedangkan yang membuat bonang adalah Pangeran Bagongan, yang kesemuanya itu atas perintah Sunan Bonang. Kemudian orang yang membawa bonang tersebut ditanya oleh Eyang Santing, mau kemana ? di jawablah, mau ke Eyang Santing. Setelah itu dibawa oleh Eyang Santing ke Cikubang untuk menemui Eyang Santing, setelah sampai di rumahnya, Eyang Santing berdandan untuk menemui orang tersebut, Pangeran Pasayangan kaget melihat Eyang Santing yang sebenarnya adalah orang yang ditemui di perjalanan tadi. Lalu, Eyang Santing menjamunya selama 1 minggu dan berbicara tentang masalah yang dialami di Kp. Cikubang, setelah itu Pangeran Pasayangan mengajarkan Eyang Santing memainkan bonang.
Gamelan (Keromong) :
-          Pagon (yang 5)            : Rukun Islam
-          Penerus (yang 6)         : Rukun Iman
-          Ketit (yang 8)              : putaran tahun, windu.
-          Gong 2                        : pasangan hidup
Ketika Eyang Santing bermain bonang, tanah di Cikubang menjadi subur dan padi yang ditanam tumbuh dan berisi. Tradisi ini adalah amanat, setiap 1 tahun sekali pada tanggal 14 Mulud di peringati sebagai syukuran.
Urutan acara
1.      Tanggal 9 Mulud bonang atau gamelan (Keromong) diambil dari tempatnya yaitu Ajeng, untuk dimandikan atau dibersihkan yang disebut menyipuh. Selain keromong, juga terdapat benda pusaka seperti keris dan tombak.
Bahan menyipuh :
a.       Jeruk nipis
b.      Kecombrang
c.       Bunga cempaka
d.      Kemenyan
2.      Persiapan (sesaji untuk para tamu, penabuh, sesajen)
Sesajen :
a.       Bekakak jantungnya tidak di ambil
b.      Pencak mani : gunungan nasi diatasnya telur (kerjasama/gotong royong)
c.       Bubur beureum dan bubur bodas (darah manusia)
d.      Minuman merah dan minuman putih (berani dan suci)
e.       Buah-buahan 3 warna atau 7 rupa
f.       Ikan-ikan (perwakilan dari laut)
g.      Hanjuang : kejayaan
h.      Padi : makanan pokok
i.        Umbi-umbian
j.        Sisir : kirata, merapihkan (berfikir)
k.      Minyak : kirata, merapihkan (niat)
l.        Eunteung (cermin) : kesucian dari pikir dan niat
mihape pikir jeung niat kade ulah kaangsongan deungeun artinya jagalah pikiran dan niat dari pengaruh jahat.
3.      Berdo’a
Hadiah Fatihah kepada kanjeng Nabi Muhamad SAW, sahabat, keluarga, syech Abdul Qodir Jailani, para wali dan leluhur atau karuhun.
4.      Ijab
Mencurahkan keinginan kita dalam melaksanakan acara (Keromong)
5.      Pagelaran seni tradisional Keromong
6.      Ngalungsurkeun
a.       Dipimpin 1 syaihu
b.      Diiringi 5 penari perempuan membawa jambangan dari pajemuhan.
7.      Syaihu menari sendiri dengan 5 lagu wajib (pembuka) dengan Selendang merah (amarah), kuning (dunia), putih (suci), hijau (ilmu).
a.       Pamapag: menyambut
b.      Keupat Eundang: berjalan santai (hidup di dunia itu jangan tergesa-gesa, hadapilah dengan kepala dingin atau berfikir dahulu sebelum bertindak)
c.       Arileu: berjalan berliku (hidup di dunia itu tidak jauh dengan cobaan, ada lika likunya/kesukaran)
d.      Legon: alam kubur (kita hidup di dunia pasti akan bertemu dengan kematian, selalu ingat mati karena kita pasti kembali kepada yang Maha Kuasa)
e.       Bale Bandung: singgasana indah/ syurga (kita hidup ada baik ada buruk, bila kita menuruti pesan yang disampaikan lewat makna gamelan tersebut kita akan bahagia dan kembali ke akhirat dengan bahagia yaitu mendapatkan syurga)
f.       Bungbulu
g.      Plered
h.      Geboy
i.        Buncis
Lagu atau instrumen ke 4 yang terakhir itu merupakan gubahan masyarakat Cikubang.
8.      Pengunjung laki-laki menari
9.      Pengunjung wanita menari
10.  Lalayaran (yang tua menghormati atau mengayomi yang muda) syaihu membawa uang lalu diberikan kepada penari perempuan.
11.  Siraman (menabur berkah) : syaihu wanita membawa air dan daun sirih
12.  Penutupan (nginebkeun) : dipimpin syaihu laki-laki

Pantrangan
1.      Jangan melangkahi gamelan
2.      Kalau menari jangan lebih dari pundak
3.      Jangan mengangkat kaki lebih dari lutut saat menari
4.      Jangan bercampur antara perempuan dan laki-laki saat menari
Ngabungbang
Arti Ngabungbang sendiri adalah bertobat, mensucikan diri, bebas atau bersih. Kita harus mencari pancuran atau mata air yang menghadap ke Timur untuk niat mensucikan diri. Dilakukan pada tengah malam atau pergantian waktu. Saat narasumber (Bpk Nandang) berumur 17 tahun merupakan ritual ngabungbang yang dilaksanakan terahir kali. Setelah itu tidak dilakukan lagi, hanya ritual saja sasakala 14 Maulud. Tapi bila ada orang yang minta ngbungbang maka akan dilaksanakan ngabungbang. Semua orang bisa melaksanakan ngabungbang karena terbuka untuk umum.
Syarat orang yang mau ngabungbang :
1.      Niat, benar-benar mau mensucikan diri.
2.      Izin kepada orang tua atau minta restu mau ngabungbang
3.      Izin pada sesepuh yang mau ngabungbang
4.      Laki-laki menggunakan celana pendek
5.      Perempuan memakai samping
6.      Dido’akan terlebih dahulu oleh sesepuh, kemudian mencari 7 pancuran mengahadap Timur
7.      Saat mandi, diharuskan minum seteguk air dari setiap pancuran.
8.      Air yang paling bagus itu air tidur atau cai sare, mitosnya apabila mendapatkan cai sare semua keinginan dapat di kabulkan.




Sumber
Nama              : Bpk. Ute
Umur               : 64 thn
Alamat             : Kp. Cikubang, Desa Sukahayu Kec. Rancakalong Kab. Sumedang

Mantra-mantra

Mantra Bakar Menyan
Syahadat,, Bulu kukus insunmunyul …. Inyong aing menyan sasakala raja mati nu  medat kango ………. …………………….. kahandap kabatara sang bataraksa.
Syahadat Pancer
Asyhadu syahadat jisim anlailah rasakila hillaloh roh kita muhamad tunggal sajati rasa.
Jampe Ibak Ngabungbang
Syahadat,,, Adus badan adus nyawa adus ati jeung ma’rifat banyu suci yang mulia titija sujud sampurna salameting di dunia salamet akherat ya qowi ya alloh ya rojak.
Rengse Ibak Ngabungbang
Cai suci raga jati ikhlas raga jeung pati nya leunjang ti ramana mana denok... tak suci timana bari mugia badan sampurna, sampurna ku kersaning Allah, Allah tobat pangeran muga-muga sing becik badan kaula Allah tobat sing lisan rasa kaula.
Ngibing Ngabadaya
Baca Syahadat, Batara lajeung tiheula pangmingkonokeun aing ka putrana ka putrina suhud miraja asih mangka welas mangka asih ka badan awaking.
Ajian Sanggorelang
Sri iku sabangsa satunggal nu jadi kagungan kaula jadi tangan pangawasa di diri kaula. Baraja iku, geni iku, banyu iku, sewet iku.
Ngaibakan Koromong
Baca syahadat, punika adus pimesaning bragja lemes ati putih bragja lemes putih nabi Muhammad parat sadaya sademe durung sawelas dzat balekos balekas kuntrima kulit kumiying zat asmani Allah yaingsur pamuter jagat.
Nginebkeun
Baca syahadat, Asyhadu syahadat panetep panetep panata gama kang iku kang rogo ing dopi kang ana tengi ati kang dadi pancerne iman lenyeting ati Allah wewejangan nabi Muhammad ya iku wujud sampurna salamet ning dunya salamet ning akherat.
Doa Ngajaga Goah
Baca syahadat, Muta muter nu muter nabi Muhammad nu mukul permeli kacima jaga ku para malaikat ti palih pipir malaikat sacai ti gigir ratu agung pangeran Hidayatullah ari ngan jenengan ingsun ratu suci pangandika ratu rahayu nu ngadeg tinggining jagat teguh mulus rahayu.
Awalan Segala Ritual
Buka ini buka rohani buka simpung Sulaeman buka rido ing pangeran khodadi begini ati ing lali sangaji byar padang bareng.
Do’a Sri
Baca syahadat, Hayu jungjung ti luhur ting,,,,nyuhun, ti handap ti patanyalan ti kang jeung gusti nu nanggei giringan ku permalaikat ti kaler sifat laut ti kidul sifat laut ti wetan sifat laut ti kulon sifat laut, wana papak ti pangeran inatulah, tungkebkeun sajagat kabeh murug mancur kersaning allah, murug nu mancur kahayang ning allah, ya insun nu nganyahokeun beurang jeung peting nu nganyahokeun umat sadaya baris kalahir baris kabatin, tumuling iman pancarning iman tangkaling sahadat iman, kang hayun kang hurif kang wikani ,,,, sajagat kabeh mugina ka alloh ka rosulluloh, ashadualla illahailloloh wa’ashaduanna muhammaddrrosulluloh, panganggo tiluhur sa usap rambut jariji mengait indung leungeun nu meureut letah komprang silaluma inama sing pepelung dunya insun, nya ibu nya kami nya ayah kanyataan salah kaso saiku pangrasa kinten, sumanten pangrasa deudeuh baeu, alaika salam sri kancana mulya,,, sri ngeunaan,,, ulah kariduan, ulah gedang,,, nya kami ,nya perdinama imanteul kaula waruhma sri putih tetep langang, ashadualla illahailloloh wa’ashaduannamuhammaddrrosulluloh anna minni bidini katanian lain titip nini,,,,,, titip nyai sang hiang sri katanian alloh nu di pelak alloh nu melak, mi beusi mikat kawat mi tamkar tamaga sukla laillahailloloh datang kana paribassa,,,, datang kana peujit  ,,,, datang kana weteng di basakeun sangkama herang sangkam lenggang , nu tunggu,,, ti agung , tapa tada sakti ,, wawasan ,,,, ngan satengah ajian kami punika pancasona ,,,, kabeh nurus bumi nurus agung ,,,,,,,,, sumangga agus geura gaheur geura leueut nyangga eu nu pangabakti ka ibu ka rama kanu kersa kanu kawasa sareng kanu kagungan poe tujuh,,,, Baca syahadat, Muta muter nu muter nabi Muhammad nu mukul permeli kacima jaga ku para malaikat ti palih pipir malaikat sacai ti gigir ratu agung pangeran Hidayatullah ari ngan jenengan ingsun ratu suci pangandika ratu rahayu nu ngadeg tinggining jagat teguh mulus rahayu...

1 komentar:

  1. Bukan dari demak, tapi dari banyumas......endang mantu pa ute

    BalasHapus